Search
  • nagitaindrianiyumn

Peluang dan Tantangan dari Pemasaran Secara Digital



Pengangguran menjadi suatu hal yang menghantui setiap negara di dunia ini, karena salah satu indikator kesuksesan suatu negara dapat diukur dari tingkat pengganggurannya. Semakin tinggi penggangguran pada suatu negara maka dapat dikatakan bahwa negara tersebut kurang berhasil dalam memberikan perhatian terhadap penduduknya. Sebaliknya semakin rendah pengangguran pada suatu negara maka dapat dikatakan bahwa negara tersebut termasuk berhasil dalam memberikan perhatian terhadap penduduknya. Oleh sebab itu, sekarang sudah banyak digital agency yang menawarkan jasa social media marketing yang membantu mengelola dan mengoptimalkan pemasaran di media sosial.


Tulisan ini bertujuan untuk membahas mengenai konsep dan ide baru serta peluang dan tantangan dari pemasaran secara digital dalam kewirausahaan. Setelah dilakukan pembahasan didapat bahwa pemasaran digital memiliki hubungan yang sangat erat dengan kewirausahaan, dimana kedua item tersebut memiliki target yang sama. Kemudian pemasaran digital merupakan bagian dari aktifitas kewirausahaan. Pemasaran digital memiliki peluang yang sangat besar dalam pengembangan dunia usaha mulai saat ini hingga dimasa depan dimana target pasar sudah bertransformasi ke platform digital. Sedangkan tantangan yang harus dihadapi oleh dunia usaha ketika melaksanakan pemasaran digital yaitu kesiapan dari segi sumber daya manusia dan sumber daya keuangan dalam mendukung kegiatan pemasaran secara digital.


Ketika usaha sudah berjalan maka perlu cara untuk meningkatkan dan mengembangkan usaha. Untuk meningkatkan dan mengembangkan usaha maka salah satu faktor yang diperlukan adalah pemasaran yang handal, karena dalam kewirausahaan perlu kreatifitas dan inovasi ketika memasarkan suatu produk atau jasa dari usaha. Tanpa pemasaran yang matang dan handal maka usaha bisa mengalami kemunduran atau kegagalan, apalagi di era Industri 4.0 saat ini dan menuju era Society 5.0, semua lini sudah mulai bertransformasi dari konvensional ke digital dan Internet of Thing (IoT)


Untuk meningkatkan jumlah wirausaha maka perlu ada langkah-langkah serius dari pemerintah seperti memasukan materi kewirausahaan dalam dunia pendidikan mulai dari pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi sehingga muncul jiwa kewirausahaan sejak dini, memberikan penghargaan kepada wirausaha yang berhasil dan melakukan pemerataan pembangunan. Bahwa terdapat tiga pilar yang menjadi kunci untuk mendukung pertumbuhan jumlah usaha, yakni ketersediaan marketplace, dukungan pembiayaan, dan pengelolaan logistik. Bahkan, saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan jasa social media marketing untuk membantu mengelola pemasaran di media sosial. Kemudian selain tiga pilar tersebut bahwa pengusaha yang sukses harus bisa berkreasi dan berinovasi dengan membawa cita-cita, motivasi, komitmen, semangat, keuletan, integritas, semangat kerjasama dan visi dalam menjalankan usaha.

2 views0 comments

Recent Posts

See All

Hakikat Bisnis

Dari beberapa pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa bisnis merupakan suatu aktivitas yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang untuk menyediakan barang dan atau jasa dengan tujuan unt